Perjalanan Naik Pesawat Bersama Balita 11 Bulan

 

 

Pengalaman menyenangkan bersama balita berumur 11 bulan untuk berpergian jauh dengan menggunakan transportasi pesawat terbang. Tetap ceria, tertawa disaat transit ataupun ketika pesawat akan siap terbang landas. Beberapa pengalaman yang saya rasakan ketika mengajak balita untuk berada didalam pesawat selama 3 jam ditambah transit 12 jam dan kemudian terbang kembali selama 11 jam, kemudian transit lagi 2 jam dan akhirnya terbang kembali selama 3 jam. Inilah yang membuat kami bangga dengan balita kami. Berbagi pengalaman untuk semua orang tua yang akan mengajak balitanya untuk ikut berpergian jauh, mungkin sekarang tidak perlu khawatir lagi ada  20 Persiapan Perjalanan ke Denmark Bersama Balita  dan juga ada tips untuk menjaga bayi tetap tertidur di dalam pesawat;

  1. Belilah tiket penerbangan sesuai dengan waktu jam tidur balita anda, sesuai dengan kegiatannya sehari-hari dan optimalkan waktu tersebut. Misalkan anda membeli tiket pesawat terbang pada penerbangan sesion 1 keberangkatan pukul 06.30 WIB dan kedatangan pesawat sampai negara tujuan jam 09.00 WIB.
  2. Ajak bermain balita anda sebelum pesawat akan siap lepas landas, jangan biarkan untuk tertidur dahulu. Berbicara dengan bayi anda akan rencana besar hari ini bersama seluruh anggota keluarga dan bilang pada bayi anda, bahwa ini adalah perjalanan yang sangat menyenangkan.
  3. Jangan biarkan Balita anda menunggu terlalu lama untuk boarding pass, datang lebih awal serta boarding  pertama lebih menyenangkan untuk balita, karena tidak terlalu banyak orang.
  4. Gunakan baju  nyaman untuk balita anda, bukan baju berlapis membungkus tubuhnya. Anda akan tahu apabila balita anda kurang nyaman atau merasa kedinginan.
  5. Berikan makanan tambahan sebelum keberangkatan, jaga balita anda agar selalu kenyang, makanan bayi, pure,biskuit anak organik dan air mineral, saran saya untuk tidak memberikan makanan serta minuman bayi yang mengandung gula, karena hal manis akan mempunyai dampak energi besar pada kegiatan balita anda dipesawat nanti.
  6.  Balita puas bermain, pasti tertidur pulas. Carilah tempat bermain anak di dalam bandara, biasanya pihak bandara menyediakan dilantai paling atas dan mudah dicari. Tempatnya sangat bagus, bersih, perlengkapan anak tersedia lengkap, tempat ganti popok serta ruang menyusui dapat digunakan secara bergantian. Bermacam-macam pilihan permainan dapat dimainkan oleh balita anda, dari tempat bergambar hingga lorong-lorong playground untuk anak berumur 5 tahun dapat dimainkan bersama.
  7. Jangan lupa lihat jam tangan anda, karena anda harus tiba bersama balita serta tas tangan anda 30 menit digate penerbangan, karena biasanya maskapai penerbangan akan mengumumkan untuk anak bayi dan para orang tua mendapatkan kesempatan untuk masuk pertama kali ke dalam pesawat, gunakan hak tersebut dengan baik, cepat, santai dan teratur.
  8. Ganti baju setelah bermain, cek popok balita anda, pakaikan kaos kaki, sepatu, serta baju hangat. Lalu buatkan 1 botol susu hangat, simpan dalam tas anda.
  9. Biarkan balita anda melihat kedalam pesawat secara jelas di luar dan dalam, semua keadaan berbeda pada hari ini, ajak obrol balita dan perlihatkan majalah bergambar yang telah disediakan oleh maskapai penerbangan, gali terus keinginan balita anda sampai tiba waktunya pesawat berangkat.
  10.  Tegur sapa dengan penumpang disebelah anda dan perkenalkan balita anda, agar nanti tidak kaget melihat orang lain ketika bangun tidur. Karena pengalaman peristiwa hari ini sudah  cukup banyak dilihat, dialami, oleh balita anda.
  11. Pasang sabuk keamanan. Biasanya pramugari/pramugara akan datang memberikan safety jacket dan sabuk pengaman tambahan balita, pakaikan sabuk pengaman tersebut pada balita anda, biasanya balita akan menolaknya karena akan terasa sesak, tetapi balita akan menerimanya apabila anda menjelaskan kepadanya bahwa anda juga memakai hal tersebut. Jadi tidak ada masalah untuk selanjutnya.
  12. Berikan susu yang telah disiapkan, ketika pesawat akan bersiap untuk terbang atau berikan dot , pilih mana saja yang anda suka. Karena hal ini akan membantu balita anda merasa nyaman,lalu tidak akan mengalami permasalahan dengan telinga karena faktor perubahan ketinggian. Terus berikan sampai balita anda merasa ngantuk, terkadang dia melepaskan susu dan dotnya, berikan saja terus sampai pilot menyampaikan keadaan ketinggian sudah membaik dan boleh melepaskan sabuk pengaman. Lepaskan segera sabuk pengaman, biarkan balita anda bebas bergerak.
  13. Tutup jendela anda, kondisikan temperatur udara di dalam barisan tempat duduk anda.
  14. Baby Bassinet in flight, apabila keadaan sudah tenang, tanyakan kepada pramugari/pramugara tentang  tempat tidur bayi atau baby bassinet untuk tidur balita anda. Biasanya mereka akan menyampaikan kepada kita, apakah kita mau menggunakannya. Kalau saya akan berkata iya saya akan menggunakanya,terimakasih.
  15. Ajak balita anda untuk bermain game, lihat film, mendengarkan musik , karena maskapai penerbangan sudah menyediakan perlengkapan audio tersebut. Balita akan merasa binggung ketika headphone yang digunakan mengeluarkan suara.
  16. Pilih musik klasik Mozzart, untuk pengantar tidur balita anda.
  17. Apabila anda tidak mendapatkan baby bassinet, tanyakan dengan sopan kepada pramugari/pramugara maskapai penerbangan, tentang tempat duduk kosong yang dapat digunakan untuk balita anda, karena untuk perjalanan jauh didalam pesawat tidak mungkin untuk terus memeluk, menggendongnya ketika balita anda sedang tidur. Semoga beruntung.
  18. Jauhkan balita besar yang selalu menangis dari jarak tidur balita anda, terkadang ada balita yang terus menangis karena orang tua tidak memberikan perhatian khusus kepada balitanya. Sampai akhirnya banyak orang dewasa berteriak, ssssssttttt, berisik, dimana orangtuamu dan balita tersebut hanya jalan menangis mencari orang tuanya. Karena didalam pesawat terdapat banyak orang lain, kepentingan dan keperluan, jadi mereka juga harus dalam keadaan fit ketika nanti pesawat mendarat.
  19. Berikan susu botol kedua apabila balita anda terbangun, ganti popoknya segera, tetap nyalakan musik klasik mozart untuk membuat balita tenang, dekatkan headphone ketelinga balita  dengan volume kecil.
  20. Berikan makanan sepuasnya kepada balita anda, sampai tidak mau lagi untuk makan. Karena setelah capek bermain, balita akan merasa lapar. Pilihlah makanan-makanan favorit kesukaan balita anda,terkadang maskapai penerbangan memberikan makanan untuk balita,tetapi sebaiknya anda juga membawa makanan sendiri untuk berjaga-jaga apabila balita anda tidak menyukai makanan tersebut.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s