20 Persiapan Perjalanan ke Denmark Bersama Balita

 

 

Persiapan  untuk perjalanan ke Kobenhavn menginap selama 30 hari;

  1. Tiket perjalanan, mengunakan maskapai penerbangan (lion air-turkish airlines) route penerbangan ( Jakarta-Singapore-Turki-Kobenhavn) Bandara keberangkatan dan  tujuan ( Soekarno Hatta-Changi-Antarturk-Kobenhavn) semua tiket keberangkatan dan kepergian saya sudah copy ulang sebanyak tiga kali, karena saat ini kami berangkat dengan tiga personal dan juga untuk jaga-jaga apabila ada kehilangan tiket ataupun pertanyaan dari pihak penerbangan tentang pembelian tiket ataupun pemesanan tiket oleh maskapai penerbangan.
  2. Asuransi Perjalanan, sebelum keberangkatan kurang dari tiga puluh hari,kami sudah memesan asuransi perjalanan yang berisi tentang klaim ganti rugi apabila terjadi sesuatu yang tidak kami inginkan. Untuk harga asuransi perjalanan banyak pilihannya, dari harga yang murah sampai harga mahal.  Sangat penting untuk membeli asuransi perjalanan, karena terkadang rencana liburan kita akan berubah menjadi tidak terencana dikarenakan hal-hal sepele seperti keterlambatan pesawat terbang, pembatalan keberangkatan atau sakit ditempat liburan, kita tidak ada yang mengetahui secara pasti, hal inilah faktor x yang harus disikapi. Jadi belilah asuransi perjalanan yang pasti, terpecaya, memahami kondisi anda saat kejadian itu terjadi.
  3.  Pemilihan tas, sebagai teman berpergian, tentunya anda sudah mengetahui karakter dari berbagai macam tas serta kondisi siap guna,pakai serta manfaatnya. Kalau ingin berpergian jauh dengan banyak souvenir bawalah beberapa tas cadangan, untuk saat ini saya pribadi membawa 2 tas bagpack (kecil+besar) ukuran dewasa, 2 tas untuk Balita, 1 tas untuk keperluan yang dapat dimasukan kedalam kabin pesawat dan 4 tas besar (Koper+Carrier) dalam keadaan kosong. Mungkin ketika saat berangkat, kita berpikir untuk apa bawa tas banyak-banyak dengan ukuran sedang, besar, ternyata ketika saat pulang nanti kita pasti akan mempergunakannya karena tidak mungkin ketika banyak bawaan cinderamata tapi harus beli tas baru di negara yang kita kunjungi, lebih baik kita beli bagasi 30kg lebih untuk persiapan banyak barang bawaan. Saya tidak pilih kardus untuk bawa souvenir.
  4. Sepatu yang cocok, jangan sampai salah bawa karena akan menambah kapasitas ruang bawaan anda. Saya membawa satu sepatu(casual) rencananya saya akan membeli sepatu baru disana.
  5. Menukarkan mata uang negara tujuan, untuk mata uang negara denmark menggunakan kroner denmark, pada tahun 2017  apabila kita tukarkan dari denmark kroner yaitu 100,00 kroner ke mata uang rupiah mempunyai nilai 199.379,-
  6. Membawa alat pembayaran kartu kredit, jaman sudah semakin canggih dan mudah untuk melakukan transaksi apapun. Jadi apabila anda mempunyai alat pembayaran yang lainnya, ini sangat memudahkan anda selain dengan uang fisik.
  7. Pemilihan pakaian, agak sulit untuk menentukan pakaian ketika harus berpergian ke negara Scandinavia karena faktor cuaca sering berubah-rubah setiap harinya. Coba cek dulu di internet  untuk melihat kondisi cuaca disana,waktu anda tiba di negara tujuan  dan sampai anda pulang kembali ke kampung halaman.  Saya membawa tshirt 6, celana panjang jeans dengan warna berbeda 6, celana pendek 2, celana dalam 12, kemeja 4 (batik+santai) , kaos olahraga 3, jaket jeans 1, jumper 1, kaos kaki 6 pcs dan sarung 2. Semoga pilihannya cocok dan nyaman untuk digunakan.
  8. Peta perjalanan, sebelum berpergian jauh sebaiknya membawa peta atau anda bisa lihat kembali disitus guide agar anda tidak bingung untuk melangkah kembali karena kondisi serta konsentrasi akan mempengaruhi fisik anda, tetap tenang,atur nafas, senyum dan lihat sekeliling anda dengan cermat,teliti,lalui, tandai peta anda.
  9. Perlengkapan balita, untuk jarak tempuh perjalanan, akan memakan waktu sekitar 18 jam ditambah parkir pesawat terbang, belum dihitung waktu tunggu transit. Hal prioritas untuk kelengkapan bayi, pergunakan kereta dorong bayi yang praktis,ringan,kuat,stylish dan nyaman. Untuk kesempatan ini, saya mempergunakan kereta dorong bayi merk einhil, kerangkanya mirip armadillo, berwarna hitam,merah. Mudah dilipat lalu dimasukan didalam kabin karena ringan,senang saya membawanya. Apa jadinya kalau saya membawa kereta bayi yang biasa saya pergunakan setiap hari di Jakarta dengan ukuran besar, pasti akan timbul permasalahan perjalanan dan kendala di bandara internasional. Ada beberapa bandara menerapkan keamanan khusus untuk kereta bayi, karena faktor keamanan. Sekali lagi,pilihlah kereta bayi yang tepat, jangan membawa kereta bayi berukuran besar, karena sesal kemudian. Membawa tas balita seperti anda berpergian ke mall ataupun outdoor, hanya saja anda harus mempersiapkan 1 tas khusus berisi popok,susu,botol,obat-obatan,buku,alat bermain, satu termos kualitas baik,tablet penjernih air,pakaian tidur,pakaian bermain,topi,kaos kaki,tisu basah,makanan bayi kemasan,sepatu bayi,penutup telinga,dot.
  10. Visa Perjalanan, jangan tunda-tunda untuk membuat visa perjalanan anda,ikuti peraturannya, lengkapi prosedur tata cara pembuatannya agar anda dapat berpergian secara tenang, aman dan nyaman.
  11. Pesan tempat duduk untuk anda dan balita anda melalui online, jauh-jauh hari segera pesan tempat duduk yang anda inginkan,minta tempat duduk sesuai peruntukannya. Apabila membawa balita,tanyakan kepada petugas tentang tempat duduk ataupun tempat tidur bayi yang telah disediakan oleh maskapai penerbangan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Saya mendapatkan tempat tidur untuk balita (baby bassinet), pesan segera agar perjalanan liburan anda serta penumpang yang lainnya tidak terganggu oleh aktifitas istirahat balita anda. Senyum pagipun akan terlihat indah untuk semua penumpang,balita anda akan menjadi balita yang tidak menangis terus karena mendapatkan tempat nyaman dalam bepergian.
  12. Pasport, selalu membawa copy paspor asli anda.
  13. Membawa obat-obatan yang sering anda gunakan ketika mengalami sakit ringan seperti flu, batuk,  alergi dingin ataupun badan pegal-pegal, karena di apotik negara tujuan terkadang tidak tersedia obat yang anda butuhkan, belilah sebelum terlambat walaupun itu hanya bedak asli negara anda.
  14. Membawa topi ataupun syal, kondisi angin ataupun dingin dalam perjalanan, pesawat, bandara udara terkadang membuat tidak bisa tidur. Kalau anda terbiasa menggunakan topi, pakailah, berusaha untuk nyaman selama berpergian. Dan jangan lupa apabila ke kamar mandi,ingat barang-barang bawaan anda seperti topi, kaca mata, syal, handphon, tas perjalanan anda, terkadang tempat ini mengurangi point konsentrasi perjalanan.
  15. Membawa souvenir, carilah souvenir yang mudah dibawa, ringan, dapat dikonsumsi oleh semuanya, apabila berupa bahan jadi seperti pakaian, kain ataupun celana, bungkuslah yang rapih agar tidak terkena cairan barang-barang lainnya.
  16. Perlengkapan elektronik, smartphone,laptop,tablet,power bank, kabel diikat dengan baik agar tidak sulit mengambilnya dan mudah untuk membedakannya.
  17. Membawa perlengkapan dokumenter, tadinya kami mau membawa kamera profesional, setelah berpikir-pikir kemudian, kami mengurungkan niat untuk membawa alat dokumenter. Jadi hanya membawa dokumenter action cam dari brica pro dan selebihnya handphone iphone untuk mendokumentasikan video serta foto.
  18. Plastik bag, setiap harinya mungkin kita sepelekan barang ini, tapi ketika di bandara udara dan melewati security cek, plastik bag sangat penting sekali untuk memasukan benda-benda cair,gel,kosmetik yang tertinggal.
  19. Pastikan anda membeli bagasi lebih, kegunaan bagasi ini agar anda dapat membawa semua kebutuhan yang tidak terduga kelak dikemudian hari serta barang oleh-oleh untuk teman atau saudara anda,maklum saja bahwa di Indonesia barang berupa oleh-oleh pasti ditanyakan walaupun itu hanya berupa stiker,gelang maupun gantungan kunci.
  20. Mencatat tempat pariwisata di Copenhagen, hal ini sangat mudah dilakukan apabila mempunyai banyak persiapan dan waktu luang, karena apabila sudah sampai negara tujuan dan kita baru mulai mencari tempat wisata, sepertinya akan mengalami kesulitan, pertama kouta internet, pembelian pulsa serta harus menganti no ponsel sesuai dengan negara tujuan agar dapat mudah berkomunikasi serta lebih murah biaya, liburan, gadget, internet dan upload.

 

 

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s