e-KTP seumur hidup

 

 

Melihat dompet, terselip beberapa kartu tertumpuk dengan sesak. Mencabutnya perlahan, untuk memastikan tanggal waktu penghabisan berlakunya.

KTP elektronik, barang identitas baru untuk semua warga, dari umur 17 tahun sampai manula akan tercatat, nama, alamat, tanggal lahir, agama. Kegunaan barang ini untuk pengikat perjanjian agar menjadi sah, sampai-sampai menjadi kasus besar yang mengikut sertakan pihak politikus, pengusaha, birokrat.

Seperti biasa, pagi hari datang dengan cuaca cerah, teringat e-KTP ketika saya melihat masa berlakunya ternyata hanya sampai tahun 2017, segera meluncur ke tempat Administrasi Kelurahan setempat untuk bertanya, membuat atau memperpanjang e-KTP.

Nomor antrian sudah dikantong, sebelumnya ada seorang Ibu rumah tangga yang merasa kesal dengan urusan e-KTP karena tidak pernah ada penyataan sampai kapan identitas kartunya selesai.

Sudah mendapatkan penjelasan dari pihak kelurahan, agar membawa bukti pembuatannya saja, kertas itu bisa sebagai bukti pembuatan. Dengan wajah kesal, ia pergi ke rumah pak RT/RW untuk mendapatkan tanda tangan pemberitahuan perihal pengerjaan identitas e-KTP sedang dalam proses.

Kami akhirnya semua ikut obrol untuk memberitahukan kepada ibu rumah tangga tersebut, bahwa keadaannya memang seperti ini untuk pengurusan e-KTP sedang bermasalah sampai sekarang ini. Tetap saja wajah kecewa sang Ibu tidak dapat menerima keadaan ini, sambil bergumam obrol sendiri dalam batin, dia melangkah pergi.
Semua yang melihat merasakan kesedihan untuk sang Ibu tidak mendapatkan keperluannya hari ini, semoga sebentar lagi akan menjadi cerah tentang identitas?

Beberapa persoalan lainnya mendapatkan hasil yang memuaskan, bahwa e-KTP yang sudah di pegang oleh pemilik tidak perlu lagi di perpanjang,

Karena e-KTP berlaku seumur hidup. Hal ini sesuai dengan surat edaran dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, tentang administrasi kependudukan :

1. Pasal 64 ayat (7) huruf a Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013, mengamanatkan bahwa KTP-elektronik untuk warga negara Indonesia masa berlakunya seumur hidup.

2. Selanjutnya dalam pasal 101 huruf c undang-undang nomor 24 tahun 2013, diamanatkan bahwa KTP-elektronik yang sudah di terbitkan sebelum undang-undang Nomor 24 tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP-elektronik yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup, dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya.

Kartu tanda penduduk, menjadi penting untuk pengurusan data-data administrasi.

Apakah kemudian hari kartu tersebut bisa mewakilkan untuk mengurus semua hal, satu kartu mencakup banyak kepentingan, data-data pemilik dapat diketahui langsung dari lahir sampai kematian?

Mungkinkah e-KTP pada masa depan nanti bentuk fisiknya lebih funky dan gaul?

 

 

 

 

 

Advertisements

2 comments

  1. E ktp itu lahan koruptor terbesar sepanjang sejarah korupsi di indonesia, cuma saya masih bingung sebenarnya bagaimana menggunakan e ktp dan untuk apa 😀

    Like

    • selamat malam cak shiqa, untuk saat ini saya menggunakan u/ keperluan pencocokan data pribadi/transaksi administrasi/keabsahan kewarganegaraan. Kita tunggu sejarah baru tentang korupsi 🙂

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s