Perpanjang Surat Izin Mengemudi

 

 

Berkendara dengan surat-surat  lengkap, bentuk patuh dan hormat kepada sesama pemakai jalan raya lainnya, salam keselamatan dan keluarga menunggu di rumah.

Perjalanan pagi ini penuh gembira, semangat untuk memperpanjang SIM C agar tetap bisa digunakan, hampir saja melewati batas waktu expired,  lebih baik saya berangkat segera.

Untuk Informasi online dapat segera di lihat http://sim.korlantas.polri.go.id/booking/data_submitted

Sebelumnya saya sempat berfikir untuk menggunakan online atau datang langsung saja ke tempat perpanjangan SIM C & A berlokasi di Kantor SAMSAT Kebon Nanas-Jakarta Timur.

Ada juga lokasi perpanjangan SIM keliling dengan menggunakan mobil kepolisian. Masyarakat juga dapat menggunakan pelayanan ini ditempat yang telah di tentukan oleh petugas kepolisian.

Saya datang pukul 08.00 WIB, semakin cepat akan lebih baik karena antriannya sedikit dan parkiran masih terlihat ada yang kosong beberapa.

Dengan memakai kemeja rapih serta sepatu, rambut disisir, semprotkan minyak wangi sedikit biar segar, garis batas sudah terlihat dari jauh.

Ada petugas sedang bertugas untuk menjaga pintu masuk, pemohon mematuhi tata tertib agar melepaskan jaket untuk masuk kedalam. Lalu saya mengucapkan selamat pagi dan bertanya kepada petugas jaga, dimanakah saya bisa mengurus perpanjangan SIM? Maaf Mas, untuk perpanjangan SIM C & A anda dapat melakukannya di gedung sebelah, hanya berjalan 50 meter. Senang saya karena bertanya, daripada saya masuk kedalam mencari yang tidak ada, lebih baik bertanya.

Sampai saya di gedung perpanjangan SIM, sebelum saya sempat celingak – celinguk ada petugas sudah datang menghampiri dan menanyakan keperluan kita. Lalu petugas menanyakan kelengkapan dokument yang sudah dipersiapkan.

1.KTP Asli + copy 4 lembar
2.SIM C Asli + copy 4 lembar

Kalau lupa untuk copy dokument anda, tidak usah khawatir karena ada tempat untuk foto copy, berikan saja berkasnya lalu duduk menunggu 3 menit.

Setelah itu data sudah di copy, langsung menuju bagian kesehatan untuk mendapatkan selembar kertas kuning terkait kesehatan penglihatan, sebelumnya ada beberapa test kesehatan, lalu ditandatangani oleh petugas.

Kemudian mengisi data diri personal, dari nama, alamat, tinggal lahir, nama orang tua,tanda tangan, No KTP dalam lembaran berwarna biru, dsb. Oiya jangan lupa bawa alat tulis sendiri agar lebih cepat, memang tersedia tetapi banyak yang menggunakan.

Data-data sudah lengkap terisi, anda akan mendapatkan tanda bukti untuk melanjutkan kembali tatapan berikutnya.

Membayar keikutsertaan kartu asuransi kecelakan diri pengemudi (AKDP). Berbaris tertib lalu mendapatkan kartu asuransi berisi no identity, masa berlaku, keterangan tentang kecelakaan dijamin, cara pelaporan kerugian, kecelakan yang tidak dijamin dan besarnya santunan untuk pemilik SIM C. Untuk biaya Asuransi (AKDP) terjangkau dan dapat di lihat (www.abb.co.id)

Proses penjelasan penyelesaian perjalanan dokumentasi diatas tidak menggunakan waktu yang lama, sekitar dua puluh lima menit.

Proses pembayaran bank BRI sudah tersedia.

Langsung bayar sesuai dengan harga yang tercantum, dapat terlihat jelas karena tertempel dikaca , tanpa menunggu lama, kasir mengeluarkan tanda bukti pembayaran.

Jalan sedikit untuk duduk antri, tenyata belum sempat membaca habis artikel di Internet, nama saya sudah dipanggil, petugas memanggil dua pemohon untuk keperluan cek nama, tanggal lahir serta alamat, agar tidak terjadi kesalahan dalam pencetakan kartu SIM. Setelah pencocokan valid, baru diadakan sesi pemotretan, persiapan 1..2..3.
Untuk keabsahan dokument, petugas meminta tanda tangan serta cap jempol elektronik.

Duduk kembali di ruang tunggu penyelesaian data, sambil membaca banner tulisan program Nawacita Presiden RI dan Motto dari Kepolisian.

Nama dipanggil untuk pengambilan SIM C, saya cek semuanya dan akhirnya selesai. Saya sangat senang dengan pelayanan, cara kerja perpanjangan SIM C & A. Semuanya berjalan cepat, teratur, tepat dan nyaman.

Terimakasih untuk pihak Kepolisian RI.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s