Perjalanan Jakarta-CiptaGelar

 

Perjalanan Dari Jakarta menuju Kasepuhan CiptaGelar.
Perjalanan dari Jakarta dimulai pada waktu matahari belum menampakkan sinarnya. Persediaan makanan,minuman sudah cukup banyak menjadi bekal perjalanan.

 

Mengingat jalan pintas, melalui Bogor menjadi jalur tercepat,karena waktu itu ada perbaikan jalan di daerah jalur Sukabumi. Bisa mempercepat waktu tiba sampai tujuan.

Ternyata jalan terdekat menuju Lido sangat bagus dan bisa dilalui,jadi kami tidak mengalami kemacetan di jalan raya.

Kasepuhan merupakan arti dari kata Sepuh mempunyai makna,tua. Mempunyai pengertian dalam pembahasan ini adalah,tempat bermukimnya para sesepuh untuk bercerita,berbudaya,berkelompok dan memecahkan masalah menurut kebaikan adat istiadat.

Masyarakat yang tinggal,mengikuti aturan adat kebudayaan ataupun adat istiadat,suatu peraturan,perbuatan,tingkah laku,pola kehidupan bermasyarakat,dilakukan sejak jaman generasi sebelumnya yang mempunyai nilai norma serta nilai luhur.Secara turun temurun dilakukan kepada generasi lainnya.

Kasepuhan adat CiptaGelar mempunyai masyarakat pendukung yang hidup bermasyarakat secara harmonis,berbudaya,menjaga kebaikan serta nilai luhur sesuai kearifan lokal.

Masyarakat CiptaGelar tinggal di dalam suatu wilayah tertentu,dimana perkampungan tersebut menjadi pemukiman tempat tinggal yang telah ditentukan oleh para pemimpin adat.

Dalam perjalanan sejarah dan kebudayaan masyarakat Kasepuhan adat CiptaGelar dahulu sebelum berpindah tempat bernama CiptaRasa berlokasi di Desa Sirnarasa,Sukamulya dengan pemimpin adat Abah Anom.

Kampung Gede Ciptagelar,mempunyai makna terbuka luas dengan hamparan hijau.Masyarakatnya berasal dari berbagai macam daerah seperti Banten, Bogor dan Sukabumi.

Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk masyarakat yang berada diluar daerah,karena bentuk kebudayaan menjadikan ikatan kekeluargaan adat istiadat memegang tradisi dan peraturan adat peninggalan leluhur setempat.

Rute perjalanan menggunakan roda empat dan melanjutkan dengan roda dua, Jakarta-Jalan Raya Bogor-Tol Ciawi-Lido-Parung Kuda-Cikidang-Sukabumi-Pelabuhan Ratu-Citepus.

Banyak lokasi bagus dalam perjalanan diantaranya kelapa sawit,hutan produksi dan sungai.
Ada lokasi petualangan rafting,apabila ada waktu luang sempatkan untuk bermain bersama teman dan keluarga.

Kendaraan roda empat penggerak roda depan tidak dapat melaju ke lokasi dikarenakan kondisi perjalanan berbatu,licin,menanjak dan jalan menurun berliku.
Rute perjalanan roda dua;
Pelabuhan Ratu-Cisolok-Cimaja-Cicadas-Masuk gerbang konservasi Gunung Halimun -CiptaRasa-Cibareno-Ciptagelar.

Laju sepeda motor terhambat sebentar,mengganti ban dalam,cek tekanan angin.

Sampai dipertengahan perjalanan,dipintu jembatan Cibareno,waktu itu ada warung kopi menyediakan gorengan pisang dan bakwan.
Kondisi perjalanan tidak semuanya baik,terkadang melewati jalan setengah baik dan jalan lainnya dipenuhi batu-batu alam terhampar bebas menanjap dalam bumi, untuk berkunjung kesana dapat menggunakan jasa ojek motor dengan biaya 250k-300k. Jarak waktu berkisar dua sampai tiga jam,tergantung situasi kondisi kendaraan dan alam. Bisa juga dilakukan dengan berjalan kaki.

Untuk penitipan kendaraan roda empat dapat dilakukan di daerah Citepus,ada kerabat disana yang menjaganya untuk melanjutkan perjalanan.

Sebelum sampai di pelabuhan ratu sebaiknya makan siang dahulu di Warung nasi gresor. Tempat makan terlengkap yang menyediakan menu seafood segar ,harganya terjangkau. Lokasi dekat dengan terminal bis pelabuhan ratu.

Pengunjung dapat memilih langsung ikan,daging kesukaannya siap saji sudah matang,untuk nasi,sambal silahkan ambil sendiri,tersedia sambal tomat,sambal kecap,sambal terasi.

Saat memasuki kawasan wisata pelabuhan ratu,ketika hari libur dikenakan tiket perjalanan wisata sebesar 20k.

Selamat berwisata,berkendaraan dengan aman dan nyaman,semoga sampai ditempat tujuan dengan niat baik serta membawa pengetahuan budaya. [fiq/shk]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s