Nobar Sepakbola Bersama Moeldoko

 

Nonton bareng pertandingan sepakbola bersama Calon Ketua Umum (Caketum) PSSI, Jenderal (Purn) Moeldoko. Timnas Indonesia U-19 vs Thailand U-19, Rabu (14/9) ,dimenangkan oleh Thailand 3-2 Indonesia.

 

Sudut Pandangan Moeldoko terhadap PSSI:
Ada persoalan PSSI yang sangat mendasar, bukan berbicara prestasi tetapi persoalan terlihat jelas dipermukaan dan signifikan, bahwa  tidak ada hubungan harmonis antara PSSI dengan pemerintah,karena hal itulah dari waktu ke waktu PSSI sibuk mempermasalahkan hubungan bukan prestasi. Untuk itulah,siapapun yang menjadi pemimpin PSSI harus dapat menyelesaikannya.

Dalam hal kepemimpinan, seorang pemimpin harus bisa bersungguh-sungguh mengayomi seluruhnya tidak adalagi kelompok-kelompok mayoritas ataupun minoritas,karena akan membuat perpecahan,tidak ada lagi mengungkit masa lalu,sehingga PSSI kita bisa berangkat dari kondisi sekarang. Pemimpin harus bisa menyejukan semuanya,tidak ada lagi permasalahan.

Membangun hubungan kerjasama yang berstruktur dengan seluruh stake holder(orang-orang yang terlibat) terutama dengan pemerintah,kita harus menjalin hubungan baik partnership karena dari hubungan baik awal dari prestasi.

Perlunya kembali dibenahi corporate culture dalam organisai PSSI,saya yakin bisa memperbaikinya. Tidak ada lagi perihal mengatur skor lalu pertandingan permainan,kareana permasahan seperti ini adalah racun. Persoalan seperti ini ingin diperbaiki dimata masyarakat.

Dari sisi administrasi, PSSI harus trasparansi,bisa mempertanggungjawabkan gerak-geriknya kepada publik ,tidak bisa mencari keuntungan.

Dari sisi akuntabilitas, PSSI dapat dipertanggungjawabkan kepercayaannya.

Hubungan PSSI dengan politik, dengan tegas saya mengatakan. Tidak boleh PSSI digunakan untuk pentingan politik dan menjadikannya sebagai kendaraan alat politik, hal ini akan menghancurkan organisaasi PSSI secara terstruktur. Siapapun tidak boleh mengaitkan dirinya dengan PSSI, karena sepanjang hal tersebut masih mendominasi pergerakan perjalanan pssi maka akan memunculkan berbagai persoalan baru dan PSSI akan jauh dari prestasi.

Saya ingin mengolah organisasi PSSI yang terbaik di Indonesia, ASEAN dan yang terbaik dikawasan yang lebih luas.[fiq]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s