Jelajah Melihat Proboscis

 

 

Pemandu alam liar,memberikan informasi,bahwa nanti sore atau malam akan turun hujan. Mereka suruh kami untuk beristirahat selama satu jam kedepan,lalu jam empat sore nanti akan melanjutkan perjalanan sungai.
Suara burung terdengar dekat tapi tidak terlihat,tempat peristirahatan sangat bersih dan layak. Karena saya sudah beristirahat didalam mobil,saya pergunakan waktu luang tersebut untuk obrol-obrol dengan teman-teman baru. Perkenalan dimulai dari rokok,makanan,bahasa,lingkungan dan keadaan politik.

 

Waktu sudah menunjukkan pukul 16.00 PM waktu setempat,pemandu memberikan kami pelampung dan intruksi perjalanan selama menyusuri sungai.
Perjalanan dimulai,pemandu dua orang dan hanya kami berdua didalam perahu besar,disana terdapat sepuluh tempat duduk. Asiknya bisa leluasa untuk pindah tempat duduk apabila melihat hewan asli alam liar.
Saatnya telah tiba,mesin kapal cruises telah dinyalakan,sungai berwarna coklat dan terlihat dalam,lebar dan panjang,sungai nomor lima terbesar didunia setelah sungai mahakam.
Kami semua mulai mencari,melihat dan mendekati objek hewan yang terlihat,semoga anda beruntung apabila berkunjung ke tempat ini.
Hewan pertama terlihat,crocodile sangat dekat,sedang berada dipermukaan sungai,perahu mendekati perlahan,kami tidak mengeluarkan suara sedikitpun hanya melihat,hewan liar berada tiga meter dengan perahu.

 

Baru pertama kali saya melihat crocodile begitu dekat,kedipan matanya terlihat jelas,struktur tulang dari moncong depan sampai kepala belakang.

 

Sore hari mulai ramai dihulu sungai,empat perahu mesin cruise sudah melaju kencang menangkap moment hewan liar. Empat Cruise berisi penuh sepuluh tempat duduk ,kebetulan dan sangat beruntung,kami hanya berisi dua orang,senyum puas dapat bergerak bebas.

 
Pemandu kami sangat baik mengendarai perahu dan memberikan semua penjelasan tentang kehidupan hewan liar,tumbuhan dan arus sungai.

 
Mereka orang-orang lokal yang hidup berdampingan dengan sungainya. Penglihatannya seperti mata elang,mereka sudah tahu kebiasaan hewan liar disana,ditambah dengan binokular ditangannya menuju hewan-hewan liar,agar kami dapat melihat semua hewan,target kami adalah probososic monkey,binatang langka berhidung panjang.

 

Burung elang terbang rendah menyambar mangsanya,melayang bebas,terlihat santai membawa buruan.

 

Tidak perlu waktu lama,kami melihat kumpulan monyet merah sedang berkumpul bergelayutan diantara pohon-pohon besar. Perahu mendekat perlahan,mesin dimatikan,monyet-monyet sedang asiknya berinteraksi dengan kumpulannya,membuat saya tersenyum,tidak boleh memberikan makanan ataupun berteriak,hanya memandangnya lalu mengabadikan dengan alat rekam seadanya. Sangat terlihat jelas dan keren banget melihat monyet merah di alam bebas, selama lima belas menit kami melihatnya,merasa sudah cukup untuk dikenang,mesin perahu kembali berderu di sungai.

 

Mata mulai kembali melihat alam bebas,pohon besar yang biasanya digunakan probososic monkey untuk bermain tidak terlihat,kami mulai resah mencarinya.

 

Dengan cekatan pemandu memutar arah tujuan dan melihatnya dengan binokular, ternyata probosic monkey sedang berada di pohon besar lainnya,sembilan ekor besar sedang duduk didahan,mereka berteriak,melompat sangat lincah,bercanda dengan kumpulan,melihat kedepan membelah sungai yang luas. Saya berpikir,mereka sudah tepat berada dialam bebas.

 

Hati senang,sudah melihat target yang diinginkan,cukup lama kami tunggu mereka semuanya,berpindah dari dahan,pohon yang lainnya tanpa ada batasan pagar untuk mereka. Probosic monkey dapat berenang untuk melewati sungai,apabila ada predator lain yang lebih ganas.

 

Hari ini kami sangat beruntung dapat berjumpa langsung,tidak berapa lama ada pohon bergerak-gerak,membuat kami ingin mengetahui ada apa di pohon sebelah sana,ternyata orang utan sedang membuat sarang,sepertinya yang saya lihat ini orang utan type pemalu,lama sekali orang utan muncul ke atas dahan,masih bersembunyi diantara lebatnya dedaunan,pemandu memberikan binocularnya untuk memperlihatkan kepada saya,sangat lama untuk menunggu hewan liar orang utan berpose,tetapi senang menunggunya.

 

Tidak beberapa lama kemudian,langsung datang perahu lainnya.

 

Berbagi kesempatan dan waktu untuk yang lain,jadi kami putuskan untuk melanjutkan perjalanan. Selama dua setengah jam kami berada disungai, tiga kumpulan besar berkelompok probosic monkey kami jumpai,burung-burung yang berada didalam hutan serta serangga,lalu ular hitam kuning yang berada diatas dahan yang berjarak dua meter sedang melilit didahan pohon,menjadi objek fotografer alam liar,sunyi dan tenang,alam telah berbisik untuk para hewan liar.

 

Matahari mulai tenggelam,kami memutar laju perahu untuk kembali ke tempat dermaga perahu,lima ekor babi hutan berdiri berani,memperlihatkan wilayahnya ditepian sungai,lalu masuk kembali kedalam hutan dan diakhir perjalanan pulang probosic monkey sedang berkumpul dalam jumlah yang banyak,kumpulan dewasa dan anak-anaknya diatas pohon kesukaan mereka untuk duduk menikmati matahari tenggelam,seperti saya diajak ke alam lain,tak berkedip sedikitpun,mulai mengingat,melihat,merasakan hari ini adalah petualang yang sangat menarik untuk saya kenang.

 

Semoga kalian yang membaca tulisan ini dapat langsung melihatnya ke lokasi dan mendapatkan keberuntungan sama seperti apa yang kami lihat selama perjalanan di sungai kinabatangan.

 

Kembali ke camp,bercerita,minum kopi,makan malam,meninggalkan kenangan,berpelukan mengucapkan terimakasih untuk memandu kami berdua,pengalaman baru untuk kami rasakan langsung.
Janji untuk datang kembali.

 

Salam alam liar,semoga kalian sehat selalu disana,sampai bertemu lagi sahabat.

 

Mesin mobil dinyalakan,waktu setempat dimulai jam tujuh malam,membutuhkan waktu tiga jam untuk kembali ke penginapan di four point by Sheraton. Tempat ini memberikan suasana berbeda untuk berlibur,anda akan terus membicarakannya bersama teman dan waktu luang anda. Tempat tidur,bantal-bantalnya empuk banget.

 

Kolam renangnya membuat anda kaget tak bisa berkata-kata,panorama alam,aktivitas dapat terlihat jelas dari atas sini,dilengkapi tempat fitnes lengkap dengan alat olahraga terbaru dan makanan paginya,sungguh luar biasa,aneka kuenya masih bisa saya rasakan sampai saat ini,dilengkapi dengan manager serta juru masak yang baik,sopan dan saling bertegur sapa,rasanya kurang lama berkunjung ke penginapan four point selama empat hari,kami akan datang kembali.

Terima Kasih atas pelayanan dan keramahannya four point.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s