image Obrol ICT Bersama Hanhan

ICT, Impian,Semangat Kerja,Bersama Hanhan Rohanda.

Kesempatan bertemu,tiba dari kota Bandung.

Berbicara tentang kecanggihan teknologi,potensi,kelemahan dan masa depannya. Daripada melamun menunggu petugas server yang belum juga datang. Seperti biasa,segelas kopi susu tersaji hangat,bau tembakau dan suara musik di youtube terdengar asik.  Persiapan memulai wawancara.

 

Tanya : Apakah ICT masih penting dalam dunia jaringan komunikasi & teknologi,bisa di jelaskan?

 

Jawab: Kalau kita berpikir penting atau tidak pentingnya ICT,berangkat lagi pada setiap individu. Untuk pecandu teknologi pada dasarnya hampir 98% basic network ICT. Dinamis informasi sangat dibutuhkan bagi sebagian besar masyarakat. Beberapa persentase yang lain tidak pasti,misalnya didaerah pedalaman yang tidak mau tercampuri dunia luar.

 

Tanya: Bisa dijelaskan tentang perkembangan teknologi yang mendasar dari jaman kuliah sampai saat ini?

 

Jawab: perbedaaan terlihat dalam beraneka ragam inovasi pengembangan struktur,generasi saat sekarang ini lebih kreatif dalam pengembangan,eksplorasi bahan ide teknologi informasi.

 
Tanya: Kenapa memilih IT sebagai profesionalitas bekerja?

 

Jawab : Kebetulan satu bidang sama hoby saya. Hanya dunia yang mempunyai pengembangan tanpa batas,seluas samudra untuk inspirasi manusia,he..he..he.
Kapan lagi sambil bekerja,lalu menyalurkan hoby.

 
Tanya: Hal-hal apa saja yang menjadi acuan dalam mengerjakan kebutuhan teknologi terhadap klien?

 

Jawab:Mengamati,mendengar,meninjau terlebih dahulu dari segi kebutuhan dan kronologis kebutuhanya, berapa persen saya dapat mewujudkan keinginan klien. Terlaksana untuk mencapai hal dan keinginan mereka membutuhkan waktu,sampai keinginan klien terpuaskan.

 

Tanya: Dimanakah biasanya anda bekerja untuk menciptakan karya-karya teknologi ?

 

Jawab: Biasanya saya mengerjakan sebagian pekerjaan IT di tempat berudara sejuk,karena kebetulan saya juga hoby ber cocok tanam. Terkadang saya banyak mendapat inspirasi besar sewaktu explorasi dengan udara alam,liburan di kebun sendiri,laptop menjadi teman setia. Kecanggihan laptop menjadi sarana ,kemanapun saya pergi tetap ada,untuk berjaga-jaga dimana kita lagi mood disitu saya bisa mengerjakan apapun. Jangan sampai kehilangan inspirasi dan kreatifitas.

 

Tanya: Hobi apa yang paling disukai setelah mengerjakan tugas-tugas di depan komputer?

 

Jawab : Setelah aktivitas teknologi,saya menghabiskan waktu di kebun lalu didalam rumah 98% bersama anak dan isteri,sebab sebagian waktu habis terfokus oleh pekerjaan saatnya memberikan yang terbaik untuk keluarga.

 

Tanya: Sebelum menjadi pengemban IT,apa pekerjaan sebelumnya?

Jawab: Sebelum mendalami dunia IT,saya pernah mencoba pekerjaan sebagai office boy. Dibesarkan secara biasa dari kebanyakan rakyat indonesia seadanya,begitulah tinggal di desa. Keinginan,bakat,minat dan hoby dengan hal IT, sudah dari kecil saya suka dengan teknologi. Untuk memenuhi rasa pengetahuan,saya harus ke kota dan bertahan untuk mencari ilmu di segala bidang IT.

 

Tanya: Kesan menarik selama bekerja di dunia IT ?

 

Jawab: Untuk kesan menariknya apa ya. Tetapi kalau menyenangkan seluruh pekerjaanya menyenangkan.Sedikit cerita,saya pernah waktu pertama belajar,komputer kantor tempat saya dulu bekerja dijadikan percobaan teknologi dan akhirnya begitu deh.

 

Tanya: Permasalahan yang sering timbul dalam mengerjakan tugas dari klien?

 

Jawab: Sangat sedikit klien yang mengerti profesi IT,terkadang disaat kondisi system dalam keadaan baik,lancar dan dapat digunakan dengan maksimal, IT dianggap tidak ada kerja. Sebenarnya untuk pencapaian maintenace sampai kondisi terbaik,hal tersebut merupakan tugas dan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi,lumayan melelahkan.

 

Tanya: Apa pesan untuk para IT generasi muda untuk meningkatkan ICT ?

 

Jawab : Untuk generasi muda,ICT itu bukan hanya milik intelektual. Dimana ada kemauan,kerja keras dan bakat,seorang petani juga bisa paham ICT. Jelasnya,kemauan saja terlebih dahulu,sangup mengejar keilmuan dan bercapai-capai dari segi pemikiran.
Tanya: Impian mengerjakan ICT dimana,adakah tempat favorit?

 

Jawab: Kalau saya memimpikan untuk mengerjakan ICT di rumah sendiri,mempunyai ruangan khusus untuk saya sendiri dan diantaranya ada terdapat kebun. Dimana saya bisa mendengar suara anggota keluarga saya lagi beraktifitaas kesehariannya,karena saya alhamdulilah selalu berjauh jauh sama keluarga.

 

Tanya: Bagaimana dukungan keluarga terhadap profesi ?

 

Jawab: Dukungan keluarga sangat mendukung sekali. Dari hal pengertian,terutama istri terkadang saya tinggalkan dalam waktu lama. Alhamdulilah anggota keluarga,sangat terasa memberikan semangat untuk profesi dan dukungan moralnya.[fiq]

Leave a Reply

