Panen Raya Jamur

Panen Raya Jamur dan Pengembangan Mayarakat.  
 

Pusat pengembangan dan pelatihan jamur tiram (P3JT) dikembangkan oleh Daqu Agrotecno di atas lahan wakaf seluas 8000 m2. 

Terletak di Desa Ciloto-Geger Bentang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

 

Acara Silaturrahmi dan panen raya jamur tiram dihadiri oleh para warga desa setempat,donatur,pengusaha, tokoh masyarakat,pemerintah camat dan desa. Pelaksanaan panen raya disambut meriah penuh dengan kehangatan,canda tawa,tanya jawab,doa dan harapan bagi penduduk desa setempat dengan diadakannya P3JT. Bertempat di Desa Ciloto-Geger Bentang Kecamatan Cipanas-Cianjur – Jabar.

 

Kegiatan ini melibatkan masyarakat desa setempat untuk melakukan budidaya jamur tiram,membuka jasa pelatihan budidaya jamur tiram bagi semua kalangan,pengolahan pasca panen dan juga merupakan peluang masyarakat menjadi plasma budidaya jamur. 

Serta membangun rumah tahfidz yang diperuntukan bagi masyarakat sekitar P3JT.

 Dalam pelaksanaannya, target yang diharapkan bisa menghasilkan jamur 9 kuintal hingga 1 ton/hari.

 

Keunggulan yang dihasilkan dari kegiatan P3JT bersama masyarakat, membuat produk jamur sehat tanpa pestisida kimia,panen dalam waktu yang tepat karena terkontrol bertahap pada setiap proses budidaya,jamur tumbuh pada suhu optimal untuk perkembangannya sehingga membuat hasil memuaskan. 
Dalam proses pengembangan tersebut mempunyai keunggulan aspek sosial karena mempekerjakan masyarakat setempat,membuka peluang dan mengajak petani yang ingin belajar ataupun bergabung bersama. Keuntungan usaha jamur akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk pendidikan dengan membangun rumah tahfidz gratis untuk masyarakat.

 

Rencana kedepan dari program yang diharapkan Yayasan Daarul Quran yaitu pengembangan dan pelatihan untuk masyarakat.
“Melakukan yang kita bisa, salah satunya adalah mengajak masyarakat bekerja,berusaha menuju proses pengembangan kalau bisa untuk sentra lainnya. Dalam mempersiapkan dan menghadapi masyarakat ekonomi asean, kami akan merencanakan membuat pengembangan dan pelatihan untuk 8800 desa diseluruh Indonesia pada tahun 2019 “ungkap KH Yusuf Mansur. 

 

Dalam proses penandatanganan tanah wakaf yang penuh dengan kegembiraan dan rasa ikhlas dari pihak keluarga menyampaikan pesan kepada masyarakat sekitar bahwa program pengembangan dan pelatihan seperti ini yang paling cocok.”Dalam keadaan yang gembira dan penuh berkah,saya ingin berpesan kepada masyarakat untuk bekerja sama membangun kegiatan ini. 

Sehingga nanti akan berkembang untuk masyarakat geger bentang” ungkap Kusnandar dan Istri.

 

“Penghasilan Jamur cukup bagus untuk keluarga, saya bekerja dalam usaha pengembangan jamur. Kalau saya punya modal akan ikut juga untuk ikut usaha budidaya jamur.
Dan juga jamur dapat dikonsumsi langsung oleh pihak anggota keluarga.Kalau masyarakat sudah tahu cara menanam pasti akan ikut menanam jadi akan banyak yang tahu caranya,jadi akan lebih bagus lagi perkembangannya.Kalau untuk hambatannya terletak pada modalnya”ungkap Yayat penduduk Desa Geger Bentang.

 

 

 “Kalau saya belum tahu bagaimana caranya dan saya berharap khususnya di Geger Bentang, semoga pengembangan dan pelatihan ini bermanfaat bagi masa depan anak-anak penerus di masyarakat sini. Karena saat ini hasil tani tidak stabil,untuk daya beli.Tapi kami sebagai petani terus bekerja dan berusaha”ungkap Momod Juhamad warga Desa Geger Bentang.

 

“Dalam dunia perdagangan kita harus perbanyak kekuatan doa,usaha dan siar. Untuk program-program

yang di laksanakan sekarang seperti jamur,padi,cokelat dan lainnya. Semua hasilnya untuk masyarakat dan pendidikan.Kita sebagai team berpikir bahwa hambatan adalah sesuatu yang harus diselesaikan,alhamdulilah dari pembukaan lahan hingga panen berkerjasama dengan masyarakat. 
Kami ingin program-program yang diadakan bersentuhan langsung dengan masyarakat kecil ,pemberian beasiswa dan pengembangan masyarakat sekitar. Kalau nanti bisa untuk ekspor-import hasilnya pasti akan kami berikan kepada masyarakat binaan”ungkap Tarmizi, ketua dari yayasan Darul Qur’an.(Fiq)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s