Persiapan Ekpedisi Rofa

Persiapan Ekspedisi Ring of Fire Adventure.  

Ketika matahari merambat naik,motor roda dua siap bergerak.Kami menembus kota di daerah Jakarta Selatan,untuk berkunjung ke tempat Mas Youk Tanzil berbincang rencana perjalanannya.
Sambil menikmati segelas kopi hangat,canda perkenalan dan beberapa batang tembakau, lalu memulai berbicara semua hal tentang ekspedisi.
Misi Rofa sebetulnya sederhana,menginginkan memberi sebuah warisan kepada putra – putri saya,sesuatu yang lebih dari sekedar materi,apa itu?.
Pada kenyataannya ketika tidak mengenal tanah airnya,tetapi mengenal wilayah negara lain. Mengajak mereka untuk melihat, mengenal dan mengerti akan tanah airnya.
Karena hanya melalui proses ini setiap orang akan melahirkan nasionalisme,baru nantinya akan lahir patriotisme berkorban untuk bangsa dan negara. 

Setelah mengerti Indonesia serta karakter manusianya,kalau hanya melihat keadaan dalam satu wilayah saja tidak akan mengerti Indonesia dan karakter manusianya.
Tadinya hanya untuk putra-putri saya,tetapi kemudian ada gagasan untuk dibuat film dokumenter saja,sehingga putra-putri Indonesia lainnya bisa mengenal.

Lalu ide itu saya perkenalkan kepada teman-teman,Andy Noya,mba Lisa dan semangat lainnya”waahh harus ini om,harus terjadi”ungkap teman.

Keadaan keuangan tidak ada,lalu mulailah mencari sponsor dengan susah payah dan mendapatkan sponsor.
Untuk suatu keindahan,point penting diantara perjalanan ekspedisi pertama sampai ketiga,itu bersifat sangat pribadi. Tidak bisa dibilang bahwa apa yang saya suka,anda suka.

Menurut saya yang paling Indah gunung mutis di Timor,hutannya seperti film Harry Potter.

Tetapi belum tentu orang lain suka.
Persiapan ekspedisi bisa satu tahun sampai dua tahun. 

Hal yang paling kecil yaitu bagaimana caranya memasukan kasur ke dalam mobil,itu adalah management dan tidak bisa dianggap main-main. 

Bagaimana caranya dalam satu mobil bisa mengangkut semua,lengkap dengan personalnya dapat tidur dengan nyaman.
Coba bayangkan tidur ditanah,tanah lho ya” bukan semen”tegas Mas Youk Tanzil. 

Selama tiga puluh hari,tanah itu basah,lembab,anda pernah taruh plastik diatas tanah setelah beberapa jam basah.
Kalau anda tidak mempunyai kasur yang baik,tiga hari bisa menyebabkan masuk angin. 

Hal itu harus dimengerti,tidak ada persiapan yang mempunyai masalah kecil,semuanya besar. 

Bayangkan membawa sembilan tas kasur,lihat kotaknya diujung sana,ungkap Mas Youk Tanzil, itu bukan masalah kecil.
Bagaimana sekecil ini jadi lebih kecil,beli yang paling kecil tas kasurnya seratus empat puluh-seratus lima puluh dolar Australia.

Hal itu baru perlengkapan kasur tidur,lalu tenda ketika memasangnya mempunyai durasi yang cepat dan lalu bagaimana ketika tenda mengalami kebocoran,banyak kelengkapan yang digunakan.
Perlengkapan paling canggih belum tentu paling banyak fungsinya,yaitu internet satelite ketika berbicara canggih dan belum tentu paling sering digunakan.

Untuk laptop menggunakan Panasonic,

kalau kita ingin berkomunikasi terus,harus membawa alat ini,ditengah hutan kita bisa berkomunikasi. 
Tidak memerlukan bts,hanya diperlukan langit karena di ekspedisi sering bertemu lokasi sinyal hilang,seperti diperkebunan sawit dan alat tersebut dapat dijalankan untuk komunikasi di stage tiga.

Dalam pemilihan makanan,banyak pilihan untuk dimakan asal bergizi dan mempunyai protein,bukan mie instant.
Banyak pertanyaan terkait motor yang akan digunakan dalam ekspedisi ,bisa berlari berapa motor ini?

Sementara produsen motor,developmentnya totaly berlawanan”ungkap Mas Youk Tanzil. Berapa cepat saya bisa memberhentikan motor ini,jadi mereka developmentnya di rem,abs dan kontrol.
Mesin kendaraan berlari itu mudah sekali,tidak usah dipikirkan mau lari berapa pasti akan bisa berlari.

Masalahnya bisa berhenti gak?.

Kalau terjadi masalah,apakah bisa berhenti dengan cepat.Jangan kendaraan bisa berlari tetapi tidak bisa berhenti.
 Development yang sangat besar itu, adalah bagaimana membuat kendaraan motor itu berhenti dalam jangka waktu yang singkat dan pendek, pada saat ini kendaraan untuk rem terbaik saat berhenti,motor KTM yang terbaik. 
Untuk pemilihan helm yang nyaman,pertama ringan dan kedua balance.Ketika dalam kecepatan 130/km pengguna motor pasti mendanggak ke atas,tetapi dengan helm yang baik tetap stabil.
 Lalu kemudian system di helm tersebut,Bluetooth,musik,suara dan telephone untuk komunikasinya.

Serta bahan Carbon kev-lar membuat kualitas keamanan helm berkendara lebih terjamin,walaupun anda ditembak peluru tidak akan tembus.
Untuk stage yang akan datang,kita mempunyai tema yang bernama senada dalam beda. (fiq/oyi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s